Apakah Backlink Nofollow Membantu SEO? Menyelesaikan Debat Nofollow vs. Dofollow
Semua orang memberi tahu Anda bahwa tautan nofollow tidak berguna untuk SEO. Mereka tidak meningkatkan peringkat pencarian Anda, jadi tidak perlu membuang waktu dan uang untuk itu.
Tapi itu tidak sepenuhnya benar, seperti yang akan saya tunjukkan di artikel ini.
Plus saya akan menunjukkan kepada Anda contoh di mana tautan nofollow telah membantu merek mendapatkan keuntungan SEO yang signifikan dan mengungguli pesaing mereka.
Siap untuk terkejut? Mari kita mulai.
Cara Google Penelusuran Menggunakan Tautan
Sebelum masuk ke debat nofollow vs. dofollow, mari kita pahami dengan cepat bagaimana Google Penelusuran menggunakan tautan.
Tautan balik adalah salah satu faktor peringkat pencarian paling penting yang digunakan Google untuk mengevaluasi relevansi dan otoritas halaman web.
Inilah yang dikatakan Google tentang menggunakan tautan sebagai sinyal peringkat.
“Penting juga untuk memahami bahwa mesin pencari seperti Google tidak memahami konten seperti yang dilakukan manusia. Alih-alih, kami mencari sinyal yang dapat kami kumpulkan tentang konten dan memahami bagaimana hal itu berkorelasi dengan bagaimana manusia menilai relevansi. Bagaimana halaman menautkan satu sama lain adalah salah satu sinyal terkenal yang kami gunakan. Tetapi kami menggunakan lebih banyak lagi, yang tidak kami ungkapkan untuk membantu melindungi integritas hasil kami.”
Jadi, Google menggunakan tautan sebagai salah satu "sinyal" utama untuk memahami relevansi konten. Ini menggunakan mereka sebagai mosi percaya dari satu situs ke situs lain dan memberi peringkat halaman berdasarkan jumlah dan otoritas tautan balik mereka.
71. https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/user/17464246/
72. https://active.popsugar.com/@tautanbalik/profile
73. https://gfycat.com/@tautanbalik
75. https://www.zippyshare.com/tautanbalik
Sebelum tahun 2005, hanya ada satu jenis tautan (dofollow). Namun Google memperkenalkan tautan nofollow untuk membantu webmaster memberikan lebih banyak konteks pada tautan mereka, dan melawan teknik pembuatan tautan blackhat .
Mari kita pahami apa arti sebenarnya dari tautan nofollow.
Apa Itu Tautan Nofollow Dalam SEO?
Tautan nofollow dilengkapi dengan tag rel=”nofollow” yang memberi tahu spider penelusuran untuk mengabaikan tautan. Akibatnya, tautan nofollow tidak memberikan otoritas ke halaman yang ditautkan dan memiliki dampak langsung yang minimal pada peringkat pencarian.
Nofollow vs. Dofollow – Apa Bedanya?
Secara teknis, tautan dofollow meneruskan otoritas dari situs host ke halaman yang ditautkan. Ini adalah mosi percaya dari situs yang menautkan dan menunjukkan bahwa webmaster memercayai konten yang ditautkan.
Baca juga: 5 Cara Membuat Backlink Bagus buat Blog
Akibatnya, Google menggunakan tautan dofollow sebagai sinyal peringkat yang kuat dan umumnya memberi peringkat halaman dengan tautan yang lebih unik lebih tinggi daripada yang lain.
Apakah Tautan Nofollow Membantu SEO?
Jadi, dengan latar belakang ini, apakah menurut Anda tautan nofollow memiliki nilai SEO?
Satu hal yang jelas, mereka tidak sekuat tautan dofollow.
Tapi mereka tidak berguna.
Ahrefs baru-baru ini mempelajari 40K+ SERPs untuk mengukur dampak dari berbagai atribut tautan dan menemukan sesuatu yang sangat menarik.
Seperti yang diharapkan, ada korelasi kuat antara peringkat, otoritas domain, dan backlink (semua jenis). Namun korelasi antara peringkat backlink dofollow sedikit lebih lemah.
Ini menunjukkan bahwa Google masih menganggap beberapa backlink nofollow berasal dari situs otoritas tinggi.
Ini didukung oleh studi kasus SEMRush yang ditampilkan di blognya . Ini menunjukkan bagaimana seorang pemasar meningkatkan peringkat pencarian perusahaannya dari posisi ke-20 ke posisi teratas dalam waktu seminggu.
5 Alasan Mengapa Tautan Nofollow Masih Penting Untuk Strategi SEO Anda
Terlepas dari contoh yang saya bagikan di bagian sebelumnya, ada beberapa alasan kuat mengapa tautan nofollow dari situs otoritas tinggi masih dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan peringkat pencarian Anda.
Mari saya jelaskan.
1. Tautan Nofollow Masih Menghasilkan Lalu Lintas
Tautan nofollow tidak memiliki manfaat SEO langsung. Namun, mereka masih mengirimkan lalu lintas rujukan kepada Anda. Jadi, bahkan backlink nofollow di situs dengan lalu lintas tinggi masih tak ternilai harganya.
Misalnya, tautan nofollow di BusinessInsider, Pengusaha, atau situs berita viral seperti BuzzFeed dapat mengirimkan ribuan pengunjung ke situs web Anda.
Inilah yang terjadi pada salah satu klien Moz, yang ditampilkan dalam pos BuzzFeed, yang mengalami peningkatan lalu lintas sebesar 271% .
2. Tautan Nofollow Otoritas Tinggi > Tautan Dofollow Otoritas Rendah
Tautan dofollow umumnya lebih baik daripada tautan nofollow dalam hal SEO. Namun, tautan nofollow dari situs otoritas tinggi di niche Anda jauh lebih bermanfaat bagi strategi SEO Anda daripada tautan dofollow dari situs otoritas rendah.
Mengapa? Karena otoritas situs web yang menautkan adalah faktor terbesar yang dipertimbangkan Google saat mengevaluasi nilai backlink. Dan ada indikasi kuat bahwa Google membuat pengecualian untuk tautan nofollow dari situs yang kredibel.
Inilah sebabnya mengapa tautan nofollow yang disetujui secara editorial dari TechCrunch atau CNN masih bernilai emas. Ini tidak hanya memperkuat profil backlink Anda tetapi juga mengirimkan pengunjung dalam lalu lintas rujukan.
3. Tautan Nofollow Mendorong Tautan Dofollow
Tautan nofollow di situs otoritas tinggi sering kali mengarah ke tautan dofollow dari situs lain.
Mari saya jelaskan.
Jutaan orang mengikuti situs otoritas tinggi, membaca konten mereka, dan membagikannya dengan koneksi media sosial mereka sehingga menghasilkan lebih banyak perhatian untuk tautan nofollow Anda.
Akibatnya, banyak situs web yang lebih kecil menampilkan sumber daya, tautan, dan contoh dari situs teratas dalam konten mereka.
Inilah yang terjadi dengan Brian Dean ketika salah satu artikelnya mendapat link nofollow dari OkDork.com . Tetapi sebagai hasil dari artikel itu, banyak situs yang lebih kecil menggunakan sumber daya Brian di konten mereka dengan tautan dofollow.
Jadi, sekali lagi, mendapatkan tautan nofollow di situs teratas di industri Anda tidak pernah sia-sia.
4. Tautan Nofollow Diversifikasi Profil Tautan Anda
Profil tautan tidak wajar yang berisi tautan dofollow hanya menimbulkan tanda bahaya selalu berisiko terkena Penalti Google .
Mengapa? Karena tidak mungkin profil link tumbuh secara alami dan mendapatkan link dofollow saja. Sebaliknya, profil alami selalu memiliki persentase tautan nofollow yang signifikan.
5. Tautan Nofollow Power Strategi PR Digital Anda
Beberapa situs web bisnis dan pemasaran paling populer tidak mengikuti semua tautan eksternal.
Tetapi jika Anda berpikir jangka panjang tentang membangun merek dan PR digital , tautan dofollow atau nofollow tidak terlalu penting.
Yang penting adalah bahwa merek Anda ditampilkan di situs web yang paling kredibel dan diikuti secara luas yang membangun otoritas dan mengirimkan lalu lintas rujukan ke arah Anda.
81. https://developer.blender.org/p/tautanbalik/- manage - edit profil - bagian blurb
82. https://codepen.io/tautanbalik | - bagian html dan bagian collection pake ahref
83. https://www.ranker.com/writer/tautanbalik - bagian aboutme - pake ahrefs
Apakah Tautan Nofollow Tidak Berguna Untuk SEO?
Sama sekali tidak.
Seperti yang Anda lihat, tautan nofollow masih dapat memposisikan merek Anda sebagai otoritas, mengarahkan lalu lintas dari situs lain, dan membantu Anda menjangkau lebih banyak orang di berbagai industri. Manfaat ini berdampak langsung pada SEO karena otoritas merek merupakan faktor penting yang dipertimbangkan Google saat memeringkat situs web.
Jadi, lain kali Anda mendapatkan kesempatan untuk menampilkan merek Anda di Fortune, TheNextWeb, Pengusaha, atau situs otoritas super tinggi lainnya, ambil dengan kedua tangan tanpa memikirkan tautan nofollow atau dofollow.
BACA JUGA: 5 Ciri Backlink yang Berkualitas untuk Blog
