Berapa Banyak Backlink yang Perlu Saya Beri Peringkat? (& Haruskah Situs Web Memiliki)
Pada artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan, “berapa banyak backlink yang saya butuhkan untuk menentukan peringkat?”
Seperti yang akan Anda temukan di bawah ini, jawaban untuk berapa banyak backlink yang harus dimiliki sebuah situs web bergantung pada beberapa faktor pengoptimalan mesin telusur (SEO) internal dan eksternal.
Namun, tujuan akhir di sini adalah memberi Anda jawaban pasti untuk berapa banyak backlink yang Anda butuhkan untuk menentukan peringkat di Google sehingga Anda dapat pergi dengan strategi SEO yang solid untuk situs web Anda.
Kami akan membahas secara spesifik berapa banyak backlink yang Anda butuhkan untuk menentukan peringkat di paruh kedua panduan ini. Namun untuk saat ini, mari kita pecahkan pertanyaan ini menjadi dua bagian penting:
Otoritas Domain (DA) adalah metrik SEO yang pertama kali dikembangkan oleh Moz yang mengukur kekuatan keseluruhan domain. Peringkat Domain (DR) adalah DA versi Ahrefs yang menunjukkan kekuatan profil backlink situs web. Dan Authority Score (AS) adalah adaptasi DA Semrush untuk mengukur kualitas keseluruhan dan kinerja SEO untuk sebuah situs web.
DA, DR, dan AS semuanya dinilai pada skala 100 poin, dengan angka yang lebih tinggi menunjukkan domain yang lebih kuat dengan kemungkinan mencapai hasil yang lebih baik di SERP.
Dengan semua hal yang sama dalam hal kualitas konten, niat pencarian pengguna yang cocok, SEO pada halaman , dan SEO teknis , situs web dengan otoritas domain yang lebih tinggi harus mendapat peringkat lebih tinggi di Google untuk kata kunci target. (Tapi ini tidak selalu benar seperti yang akan Anda lihat di bagian selanjutnya tentang kesulitan kata kunci.)
Alasan yang akan terjadi adalah karena algoritme Google memperhitungkan faktor SEO off-page seperti backlink untuk menentukan di mana peringkat situs web dalam indeks. Dan situs dengan otoritas domain yang lebih tinggi lebih menunjukkan kepercayaan di Internet karena ada situs berkualitas tinggi yang memberikan suara (yakni backlink) untuk beranda, atau satu halaman web, dengan menautkannya.
Ada banyak studi kasus SEO oleh para ahli seperti Spencer Haws dan Kyle Roof yang membuktikan bahwa tautan internal dapat meningkatkan peringkat halaman web di SERPs. Pengujian SEO menunjukkan bahwa rata-rata 3 tautan internal sama dengan 1 tautan eksternal.
Google bahkan melaporkan bahwa semakin banyak tautan internal yang dimiliki suatu halaman, semakin penting Anda memberi tahu perayap mesin telusur itu untuk pengguna. Dan oleh karena itu, halaman tersebut harus diberikan visibilitas yang lebih tinggi di SERP.
Teknik SEO yang perlu Anda gunakan di sini adalah memasukkan teks jangkar kaya kata kunci saat menautkan secara internal ke halaman target. Anda juga ingin menautkan dari konten lain yang relevan di situs dan bukan hanya secara acak karena teks anotasi yang mengelilingi tautan internal juga dapat dipertimbangkan oleh algoritme pengindeksan Google.
Seperti yang Anda temukan, jawaban untuk berapa banyak backlink yang harus dimiliki sebuah situs web bergantung pada sejumlah faktor, termasuk otoritas domain, otoritas halaman, aliran kutipan, dan aliran kepercayaan dari tautan yang masuk.
Namun, metrik backlink hanyalah salah satu bagian dari teka-teki peringkat. Anda sering dapat mencapai hasil yang baik di SERP dengan melakukan pekerjaan yang lebih baik di SEO on-page dan tautan internal daripada pesaing Anda.
Namun, tujuan akhir di sini adalah memberi Anda jawaban pasti untuk berapa banyak backlink yang Anda butuhkan untuk menentukan peringkat di Google sehingga Anda dapat pergi dengan strategi SEO yang solid untuk situs web Anda.
Berapa Banyak Backlink yang Perlu Saya Beri Peringkat?
Anda memerlukan 0 hingga 25 backlink untuk menentukan peringkat untuk kata kunci persaingan rendah dan rata-rata 50 hingga 100 backlink untuk kata kunci persaingan tinggi. Namun, jumlah pasti backlink yang Anda perlukan untuk menentukan peringkat halaman web bergantung pada otoritas domain situs web Anda dan PageRank dari backlink yang masuk.Berapa Banyak Backlink yang Harus Dimiliki Situs Web?
Sebuah situs web rata-rata harus memiliki 40 hingga 50 tautan balik ke beranda untuk meningkatkan otoritas domain ke tingkat kompetitif untuk SEO. Namun, skor PageRank dari backlink tersebut penting karena semakin tinggi nilainya, semakin sedikit link yang dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat secara keseluruhan.Dampak Otoritas Domain
Ada banyak alat SEO yang melaporkan beberapa bentuk otoritas domain untuk sebuah situs web. Yang paling umum adalah Moz, Ahrefs, dan Semrush.Otoritas Domain (DA) adalah metrik SEO yang pertama kali dikembangkan oleh Moz yang mengukur kekuatan keseluruhan domain. Peringkat Domain (DR) adalah DA versi Ahrefs yang menunjukkan kekuatan profil backlink situs web. Dan Authority Score (AS) adalah adaptasi DA Semrush untuk mengukur kualitas keseluruhan dan kinerja SEO untuk sebuah situs web.
DA, DR, dan AS semuanya dinilai pada skala 100 poin, dengan angka yang lebih tinggi menunjukkan domain yang lebih kuat dengan kemungkinan mencapai hasil yang lebih baik di SERP.
Dengan semua hal yang sama dalam hal kualitas konten, niat pencarian pengguna yang cocok, SEO pada halaman , dan SEO teknis , situs web dengan otoritas domain yang lebih tinggi harus mendapat peringkat lebih tinggi di Google untuk kata kunci target. (Tapi ini tidak selalu benar seperti yang akan Anda lihat di bagian selanjutnya tentang kesulitan kata kunci.)
Alasan yang akan terjadi adalah karena algoritme Google memperhitungkan faktor SEO off-page seperti backlink untuk menentukan di mana peringkat situs web dalam indeks. Dan situs dengan otoritas domain yang lebih tinggi lebih menunjukkan kepercayaan di Internet karena ada situs berkualitas tinggi yang memberikan suara (yakni backlink) untuk beranda, atau satu halaman web, dengan menautkannya.
Dampak Kesulitan Kata Kunci
Kesulitan kata kunci adalah metrik lain yang digunakan alat SEO untuk memperkirakan seberapa sulitnya menentukan peringkat halaman web untuk kata kunci target. Dan seperti otoritas domain, ini didasarkan pada skala 100 poin, dengan angka yang lebih tinggi menunjukkan persaingan yang lebih ketat.Dampak Tautan Internal
Faktor lain yang memengaruhi berapa banyak backlink yang harus dimiliki setiap halaman adalah jumlah tautan internal yang diterima halaman.Ada banyak studi kasus SEO oleh para ahli seperti Spencer Haws dan Kyle Roof yang membuktikan bahwa tautan internal dapat meningkatkan peringkat halaman web di SERPs. Pengujian SEO menunjukkan bahwa rata-rata 3 tautan internal sama dengan 1 tautan eksternal.
Google bahkan melaporkan bahwa semakin banyak tautan internal yang dimiliki suatu halaman, semakin penting Anda memberi tahu perayap mesin telusur itu untuk pengguna. Dan oleh karena itu, halaman tersebut harus diberikan visibilitas yang lebih tinggi di SERP.
Teknik SEO yang perlu Anda gunakan di sini adalah memasukkan teks jangkar kaya kata kunci saat menautkan secara internal ke halaman target. Anda juga ingin menautkan dari konten lain yang relevan di situs dan bukan hanya secara acak karena teks anotasi yang mengelilingi tautan internal juga dapat dipertimbangkan oleh algoritme pengindeksan Google.
Seperti yang Anda temukan, jawaban untuk berapa banyak backlink yang harus dimiliki sebuah situs web bergantung pada sejumlah faktor, termasuk otoritas domain, otoritas halaman, aliran kutipan, dan aliran kepercayaan dari tautan yang masuk.
Namun, metrik backlink hanyalah salah satu bagian dari teka-teki peringkat. Anda sering dapat mencapai hasil yang baik di SERP dengan melakukan pekerjaan yang lebih baik di SEO on-page dan tautan internal daripada pesaing Anda.