Apa Itu Backlink dan Bagaimana Hubungannya dengan SEO

Apa Itu Backlink dan Bagaimana Hubungannya dengan SEO

Bagaimana Mesin Pencari Menentukan Peringkat untuk Kata Kunci

Dari miliaran halaman online, Google dan mesin pencari lainnya telah mengambil tugas monumental untuk mencoba memberi peringkat setiap halaman untuk miliaran pencarian yang dilakukan setiap hari. Selama dua puluh tahun terakhir mereka telah menyempurnakan algoritme mereka ke titik pemahaman maksud pertanyaan (bahkan jika itu hanya kueri satu kata), dan memberi kami hasil yang paling relevan.

Mesin pencari hanyalah algoritma. Mereka dapat mengindeks halaman konten dan menentukan subjek informasi secara keseluruhan tetapi tidak selalu memiliki pemahaman yang kuat tentang nuansa bahasa atau konteks dari teks.

Di luar ini, mereka tentu tidak dapat mengetahui hanya dari membacanya seberapa akurat atau otoritatif halaman tersebut. Karena itu, mereka juga mengandalkan sinyal dari tautan balik untuk memberi mereka apa yang mereka butuhkan untuk wawasan ini.

Apa Itu Backlink?

Ketika satu situs web menyebutkan situs web lain dan membuat tautan yang dapat diklik yang membawa Anda ke sana, ini dianggap sebagai tautan balik. Ini bukan hanya mereferensikan situs web atau alamat webnya. Ini adalah perbedaan antara:

Meskipun contoh pertama menampilkan URL, mesin pencari tidak mendaftarkan ini sebagai backlink, sedangkan kata yang memiliki tautan (sering digarisbawahi dan dengan warna berbeda), sebenarnya adalah backlink.

Teletype https://teletype.in/@sebelummenikah

medal.tv https://medal.tv/u/beforemarriedone

classmill.com https://classmill.com/sebelummenikah

MyANimelist https://myanimelist.net/profile/beforemarried

furaffinity https://www.furaffinity.net/user/beforemarriage/

Bagaimana Google dan Bing! Tentukan Kualitas Dan Nilainya?

Karena begitu banyak penelitian dan pengujian telah dilakukan dalam proses evaluasi ini oleh para insinyur, Anda dapat membayangkan kompleksitas penilaian mereka terhadap sinyal peringkat ini. Mereka pasti memiliki banyak pekerjaan karena hampir setiap situs web dengan satu atau lain cara menautkan ke setidaknya satu situs web lain.

Beberapa tahun yang lalu, Google keluar dengan apa yang dapat dianggap sebagai prinsip panduan keseluruhan bagi orang-orang untuk mendapatkan pemahaman tentang proses evaluasi seo mereka. Ini disebut EAT – Keahlian, Otoritas, Kepercayaan .

Ada banyak situs web yang memecah konsep ini dan memberikan banyak wawasan yang bagus, tetapi untuk tujuan diskusi ini, hanya berguna untuk mengetahui terminologi dan memiliki pemahaman dasar.

Sinyal Peringkat Untuk Tautan Balik

Saya tidak mengatakan berikut ini adalah urutan mesin pencari mengevaluasi backlink, saya hanya merasa berguna untuk menggambarkannya dengan cara ini sehingga membuatnya sedikit lebih mudah untuk dipahami dan diingat. 

Anchor text – Ini adalah teks dalam kalimat yang tertaut ke situs web lain. Apakah ada relevansinya dengan situs web target? Apakah itu generik, seperti "kunjungi situs web" atau apakah URL sebenarnya digunakan untuk menautkan? https://ahrefs.com

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Backlink Gratis

Dalam hal gambar atau elemen lain yang tertaut ke situs, apakah ada deskripsi di teks alternatif? Misalnya, karena gambar tidak memiliki teks jangkar, teks alternatif digunakan jika tidak ada. (Ya, gambar yang tertaut ke situs web dianggap sebagai tautan balik oleh mesin pencari)

Teks sekitar – Untuk mendapatkan lebih banyak konteks, konten di sekitar diperhitungkan. Seperti masa-masa di sekolah, bukan hanya sekedar mengetahui definisi sebuah kata, tetapi apakah Anda bisa menggunakannya dalam sebuah kalimat. Pikirkan algoritma yang bekerja mundur dari sana. Juga, apakah itu di footer, sidebar atau tepat di tengah konten halaman itu sendiri?

Halaman itu sendiri – Apakah topik halaman tautan dan halaman target serupa? Apakah masuk akal jika halaman ini tertaut ke halaman itu? Apakah halaman penautan memiliki situs web lain yang menautkannya untuk membangun otoritasnya sendiri?

Situs web secara keseluruhan – Memiliki situs web yang tertaut ke situs Anda yang memiliki otoritas dari banyak situs web lain, terutama jika itu juga dalam industri Anda, memberikan tautan balik yang membawa banyak nilai dan menyampaikan keahlian kepada Anda. Jika Google memiliki kepercayaan pada situs web lain tersebut, maka tautannya ke situs Anda, juga mengirimkan sinyal kepercayaan.

Tidak Semua Tautan Dibuat Sama

Seperti di banyak industri, pemasar juga dapat berlebihan dan menyalahgunakan taktik. Bertahun-tahun yang lalu, tautan itu sederhana dan semuanya kurang lebih sama nilainya. Karena itu, ini menjadi masalah kuantitas dan bukan kualitas.

Dalam waktu yang sangat singkat, perlombaan itu untuk membangun link online sebanyak mungkin. Dengan demikian, internet dibanjiri dengan backlink hanya demi sinyal peringkat ini. Skrip dan bot ditulis untuk menemukan peluang yang tersedia untuk membangun tautan balik termasuk direktori, bagian komentar, forum, dll. Dengan demikian, kualitas konten berkurang dan mesin telusur perlu mencari cara untuk membedakan mana yang berguna dan yang tidak.

Untuk semua webmaster di luar sana yang mengelola situs web, Google menyediakan atribut tautan yang disebut "nofollow". Ini berarti bahwa backlink dibuat dengan menggunakan tag ini, tidak akan dimasukkan ke dalam algoritme sehingga menghalangi pemasar untuk membuat tautan hanya demi angka dan mengurangi SPAM yang dihasilkan oleh pengelola situs web.

Meskipun tidak langsung menghentikan spammer ini dari membuat tautan yang tidak berharga ini, itu mulai mengurangi jumlahnya. Situs web memiliki konten yang kurang relevan dan mesin pencari sekarang memiliki ukuran yang lebih baik untuk mengevaluasi tautan.

Google menganggap ini cukup berharga untuk menawarkan beberapa lagi seperti "disponsori" dan "ugc" untuk lebih menyempurnakan tautan. Baru-baru ini, Google tampaknya telah berubah pikiran dan mengisyaratkan bahwa tautan No Follow dapat digunakan sampai batas tertentu sebagai petunjuk atau sinyal peringkat. Rincian apa yang mereka simpan untuk diri mereka sendiri, seperti yang sering mereka lakukan.

Waspadalah Terhadap Tautan Mudah

Insinyur mesin pencari telah menemukan banyak cara yang beberapa pemasar mencoba untuk mengungguli algoritma dan memanfaatkan teknik pembuatan tautan yang mudah dan tidak wajar untuk memenangkan situs web mereka yang didambakan posisi pertama di SERP. Apa yang sedikit orang di luar industri sadari adalah bahwa mesin pencari telah melihat banyak dan memberi tahu kami bahwa kami dapat dikenakan hukuman untuk praktik ini.

Beberapa rumit sementara beberapa sangat mudah. Ini bisa sesederhana algoritme yang menurunkan hasil Anda atau sejelas tindakan manual yang diterapkan oleh karyawan yang melihat aktivitas bertentangan dengan pedoman yang ditetapkan oleh mesin telusur.

Di mana saja, mulai dari membeli tautan untuk satu-satunya tujuan membangun tautan hingga menyiapkan kumpulan server dengan ribuan situs web untuk tujuan tunggal memiliki banyak tautan balik dari banyak situs web.

Tak perlu dikatakan, aturan praktis yang baik adalah jika seseorang memberi tahu Anda bahwa mereka dapat dengan mudah membangun banyak backlink untuk Anda, kemungkinan besar itu hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, dan investasi. Mungkin tidak sebanding dengan risiko menghapus seluruh situs web Anda dari Bing!

BACA JUGA: Berapa Banyak Backlink yang Diperlukan untuk Blog?

Berikutnya Artikel Kemarin