6 Strategi White Hat Link Building yang Bisa Membuat Anda Terperangah

5 Strategi White Hat Link Building

Search Engine Optimization (SEO) jauh dari proses yang mudah. Ini memiliki banyak helai yang semuanya harus dikawinkan bersama untuk menghasilkan hasil terbaik. Itu membuat para profesional SEO dengan banyak keputusan untuk dibuat. Mereka harus memilih apa yang harus diprioritaskan dan jalan mana yang ingin mereka jelajahi. Silakan baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut tentang berapa biaya SEO.

Di bidang link building, salah satu pilihan tersebut adalah antara apa yang disebut strategi topi hitam dan topi putih. Jika Anda pernah mendengar tentang pembuatan tautan topi hitam dan topi putih tetapi tidak mengerti apa artinya semua itu, halaman ini adalah untuk Anda.

Pertama-tama kami akan memberi Anda penyegaran tentang apa itu white hat link building dan bagaimana perbandingannya dengan alternatif black hat. Kami kemudian akan membahas masalah terkait hukuman Google dan apa artinya bagi lalu lintas organik situs Anda. Itu saja sebelum kita menyelami masalah pelik penalti topi putih dan sembilan strategi yang tampaknya aman yang mungkin membuat Anda melanggarnya.

101. https://www.openlearning.com/u/tautanbalik-re9ixr/

102. https://www.fanfiction.net/~tautanbalik

103. https://speakerdeck.com/tautanbalik

104. https://challenges.openideo.com/servlet/hype/IMT?userAction=Browse&templateName=&documentId=7d5ebd270ade869c5aa9ccccfcb75108

105. https://www.runnerspace.com/profile.php?member_id=446220

106. https://www.bloglovin.com/@tautanbalik/tips-for-successful-working-in-a-startup

107. https://www.theodysseyonline.com/user/@tautanbalik

108. https://tautanbalik.dreamwidth.org/366.html

Apa itu White Hat Link Building?

Kemungkinan besar, jika Anda membaca artikel ini, Anda sudah tahu apa itu link building. Proses mendapatkan situs web yang relevan dan bereputasi baik untuk menyediakan tautan ke situs atau halaman Anda sendiri adalah inti dari SEO. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan otoritas yang lebih besar dengan Google dan akhirnya meningkatkan peringkat SERP Anda.

Apa hubungannya dengan topi, kami mendengar Anda bertanya. Jawabannya datang dari Hollywood dan lebih khusus lagi dari Barat tradisional. Dalam film-film yang berlatar Old West, sheriff, marshal, dan 'barang' film lainnya akan selalu mengenakan Stetson putih. Penjahat, pengacau ternak, dan 'penjahat' umum malah akan memakai yang hitam.

Tema film itulah yang kemudian dijadikan analogi dalam dunia teknologi. Peretas komputer pertama dan kemudian profesional SEO akan dicirikan sebagai 'topi putih' atau 'topi hitam'. Topi putih beroperasi dalam aturan, seperti barang di Barat lama. Topi hitam adalah hukum bagi diri mereka sendiri dan melanggar semua aturan untuk tujuan mereka sendiri.

White hat SEO adalah SEO yang berpegang pada strategi yang tidak mungkin mengundang kecaman dari Google. Ini akan beroperasi dalam kerangka pedoman kualitas webmaster yang disediakan secara gratis oleh Google. Black hat SEO menggunakan strategi yang melanggar aturan tersebut. Black hat SEO mencakup isian kata kunci, penyelubungan, dan transaksi cerdik lainnya.

Link building dulunya merupakan bidang yang penuh dengan topi hitam. Pro SEO tidak akan memikirkan apa pun untuk membeli tautan atau menggunakan jaringan blog pribadi. Semua dalam upaya untuk menipu algoritma Google. Kemudian algoritme tersebut menjadi lebih cerdas dan proses peninjauan manusia Google menjadi lebih ketat.

Setelah itu, pembangunan tautan topi hitam menjadi sangat tidak pasti. Situs yang menerapkan praktik teduh pembuatan tautan topi hitam sekarang secara rutin terjebak dengan hukuman Google. Itu tidak mudah bagi situs mana pun untuk bangkit kembali dan harus dihindari dengan cara apa pun.

Baca Juga: Panduan Pemula untuk Membangun Backlink

Google Penalti

Algoritme Google dan legiun pengulas manusia perusahaan selalu mencari perilaku buruk oleh situs web. Mesin pencari menginginkan hasil yang bermanfaat bagi pencari dan tidak menyertakan situs yang cerdik atau berbahaya. Itu sebabnya mereka menetapkan aturan SEO dan pembuatan tautan untuk webmaster dan mengharapkannya untuk dipatuhi.

Jika sebuah situs pergi ke sisi gelap SEO topi hitam, Google akan menyadarinya. Ini mungkin tidak terjadi segera, tetapi itu akan terjadi. Jika itu adalah algoritme yang menangkap malpraktik, lalu lintas organik situs yang melanggar akan turun drastis. Jika itu adalah peninjau manusia, pemilik situs akan menerima apa yang disebut 'Tindakan Manual'. Mereka adalah apa yang sehari-hari dikenal sebagai hukuman Google.

Tindakan Manual akan datang melalui pesan melalui Google Search Console . Pesan itu adalah tanda dari Google bahwa mereka ingin situs itu dibentuk dan diubah caranya dalam waktu singkat. Menurut mesin pencari, Tindakan Manual sangat penting untuk semua pengguna internet yang sah:

Bagaimana  Strategi White Hat Link Building?

1. Postingan Tamu

Cari tahu panduan apa pun untuk membangun tautan topi putih yang bagus dan kemungkinan akan menyertakan saran tentang posting tamu. Menulis posting tamu di situs dan blog lain adalah cara yang diterima secara umum untuk mendapatkan backlink.

Dalam dirinya sendiri, ini adalah contoh yang baik dari pembangunan tautan topi putih. Jika Anda menambahkan konten yang berguna dan dapat diandalkan ke blog atau forum yang relevan, Anda tidak melanggar aturan Google apa pun. Bahkan, Anda mengikuti salah satu saran utama mereka, dengan menambahkan nilai ke internet.

Di mana posting tamu dapat menyebabkan hukuman topi putih adalah jika Anda tidak berhati-hati dengan tempat Anda memposting. Yang terbaik adalah tetap berpegang pada situs otoritas tinggi, yang cocok dengan nyaman di dalam ceruk yang sama dengan halaman atau situs yang ingin Anda tautkan kembali. Jika tidak, Google dapat mengidentifikasi tautan tersebut sebagai tidak relevan dan tidak wajar.

Apa yang benar-benar harus Anda lakukan, adalah menghindari situs yang menjual peluang posting tamu. Ada banyak situs di sekitar yang mengundang orang untuk 'posting tamu' atau 'beriklan dengan mereka' melalui posting tamu. Membayar untuk kesempatan seperti itu memang menyediakan tautan – atau lebih dari satu jika Anda memilih untuk menyertakan beberapa di pos Anda – tetapi tidak sebanding dengan risikonya. Google tidak menyukai praktik ini sama sekali. Mereka hampir pasti akan menampar Anda dengan penalti topi putih.

2. Memasukkan Tautan yang Bereputasi tetapi Tidak Relevan

Saran pembuatan tautan lain yang sudah usang adalah kembali ke konten yang berkinerja baik dan tambahkan lebih banyak tautan ke dalamnya. Jika Anda memiliki konten hebat yang jelas disukai Google dan berperingkat baik, masuk akal untuk menautkannya. Tautan internal tidak sebagus yang eksternal, tetapi masih sangat berguna.

Tautan dari konten hebat Anda ke halaman lain pasti akan membantu lalu lintas organik halaman itu. Yang harus Anda hindari adalah linggis tautan ke konten secara tidak wajar. Google tidak menyukai tautan yang ada hanya untuk kepentingan tautan itu sendiri. Jika tautan mengarah ke halaman yang tidak terkait dengan topik konten, tautan tersebut adalah kandidat utama untuk penalti.

Ini mungkin paling baik diilustrasikan dengan sebuah contoh. Sebagai agensi SEO SaaS , kami mungkin menulis konten tentang Google Search Console. Kemudian katakan kami juga menjual konsol game (kami tidak). Kami mungkin tergoda untuk menggunakan arti ganda dari kata 'konsol' untuk memunculkan tautan ke sampingan kami ke dalam konten. Ini tidak akan dicuci dengan Google.

3. Tautan Perdagangan

Pada hari-hari awal pembuatan tautan SEO, pro SEO sering kali memperdagangkan tautan. Dua situs otoritas tinggi di ceruk yang sama akan setuju untuk masing-masing menyediakan satu atau lebih tautan ke yang lain. Proses ini dikenal sebagai 'pertukaran tautan' atau 'tautan timbal balik'.

Seperti halnya dengan banyak strategi SEO, beberapa operator yang kurang teliti mengambil tindakan terlalu jauh. Mereka membuat pengaturan antar situs yang melihat sejumlah besar tautan dipertukarkan. Google dengan cepat mengenali ini.

Hukuman topi putih sekarang sering dikenakan sebagai akibat dari proses ini. Hukuman ini tidak ada hubungannya dengan otoritas atau bahkan relevansi situs yang menyediakan tautan. Mereka dikenakan semata-mata karena Google telah mengakui bahwa tautan telah diberikan untuk mendapatkan balasan dari orang lain.

Penting untuk dicatat bahwa Google tidak memiliki masalah dengan situs yang secara sah menautkan satu sama lain. Outlet berita, misalnya, diminta untuk mengutip sumber berita mereka. Sumber mereka mungkin situs berita serupa lainnya, yang di masa lalu mungkin mengutipnya. Google tidak akan mengidentifikasi tautan seperti itu sebagai tidak wajar atau layak mendapat hukuman.

4. Komentar Blog

Kami tahu apa yang akan Anda katakan saat ini. Anda akan mengatakan; 'tunggu, bukankah mengomentari blog dan menyertakan tautan ke situs Anda merupakan strategi topi hitam?' Jawabannya adalah tidak dan Anda tidak hanya harus menerima kata-kata kami untuk itu.

Kembali pada tahun 2013, ketika dia masih menjadi kepala Tim Spam Web Google, Matt Cutts memposting Tanya Jawab webmaster ke YouTube . Selama tanya jawab itu, dia tidak hanya menjelaskan bahwa berkomentar di blog itu baik-baik saja, dia bahkan mengungkapkan bahwa dia melakukannya sendiri.

Seperti banyak strategi topi putih kami yang lain, masalahnya ada pada bagaimana Anda melakukannya. Meninggalkan komentar yang relevan dan tulus di blog otoritas tinggi tidak masalah. Ini kemungkinan akan berguna bagi pemilik blog dan pembaca jika kemudian menautkan ke halaman terkait dan informatif. Google menyukai apa pun yang membantu pengguna dan memberikan nilai.

Di mana Anda akan masuk ke air panas dan mungkin mendapatkan hukuman topi putih adalah jika Anda mengambil jalan pintas dengan komentar Anda. Teks pintal atau duplikat dalam komentar tidak boleh. Menjejalkan tautan atau kata kunci ke dalam ruang di mana nama Anda seharusnya sama-sama keliru. Hal-hal tersebut hanya akan menarik perhatian negatif dari Google.

5. Memanfaatkan Media & Outlet Berita

Saat strategi membangun tautan topi putih berjalan, menjangkau pers dan media adalah hal yang hebat. Menawarkan diri Anda sebagai sumber untuk situs berita, jurnal, dan blog adalah cara yang bagus untuk mendapatkan tautan dari situs otoritas tinggi. Ini juga akan membantu membangun Anda dan perusahaan Anda sebagai ahli di bidang Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan layanan gratis seperti Help A Reporter Out (HARO) . Jika Anda mendaftar untuk layanan itu dan memasukkan bidang keahlian Anda, Anda akan mendapatkan email berisi daftar reporter yang membutuhkan bantuan Anda. Anda kemudian dapat memberikan kutipan atau statistik untuk dimasukkan dalam pekerjaan mereka; bersama dengan tautan menarik yang bagus jika Anda beruntung. Ada sangat sedikit bahaya hukuman topi putih di sini.

Ada versi penjangkauan media yang lebih merupakan area abu-abu. Itulah dunia situs pengiriman press release. Situs-situs tersebut dirancang sebagai sumber bagi jurnalis untuk menemukan berita dari perusahaan dan organisasi.

Terlalu banyak perusahaan menggunakannya dengan cara yang berbeda. Mereka mengemas siaran pers mereka dengan konten dan tautan spam dengan harapan dapat membodohi Google. Google tidak semudah itu ditipu. Bahkan jika Anda menggunakan situs dengan benar, Google mungkin masih melihat tautan dari situs tersebut dengan kecurigaan.

BACA JUGA: Apakah Backlink Nofollow Membantu SEO?

Berikutnya Artikel Kemarin