10 Manfaat Teratas dari Pembuatan Tautan Balik
Sebagai perusahaan SaaS atau startup yang menjalankan kampanye SEO, Anda tidak diragukan lagi menyadari perlunya SEO yang baik. Ini melampaui kata kunci – Anda memerlukan struktur teknis di tempat yang tepat, strategi konten, dan meta-data di tempatnya.
Tetapi apakah Anda telah menghabiskan cukup waktu untuk membangun tautan? Pembuatan tautan (masih) merupakan elemen penting dari SEO 'di luar halaman' Anda (yaitu semua aktivitas yang Anda lakukan di luar situs untuk meningkatkan tempat Anda dalam pencarian).
Jadi Anda belum melakukannya, inilah saatnya untuk menempatkan pembuatan tautan di jantung strategi pemasaran SEO Anda.
116.https://www.thedesignportal.org/business/dreamloker/
117.https://www.betterplace.org/en/users/628201
118.https://www.photographers.com.au/TautanBalik
119.https://www.hotfrog.com.au/company/d9102f1071d326b157a72b440886b085/dreamloker/melbourne/writing-and-publishing
120.https://macro.market/company/dreamloker
Apa itu pembuatan tautan?
Seperti namanya, pembuatan tautan melibatkan proses mendapatkan tautan ke situs Anda.
Ini lebih dari sekadar memposting tautan yang menunjuk kembali ke domain Anda di mana saja di internet. Pendekatan scattergun ini tidak akan meningkatkan peringkat Anda. Sebaliknya, Anda perlu menyeimbangkan strategi Anda dan membangun hubungan dengan otoritas lain – hanya menempatkan tautan jika itu berharga dan relevan bagi pengguna.
Berikut adalah sepuluh manfaat utama untuk mengembangkan strategi membangun tautan yang baik.
1. Tautan memberi Anda kredibilitas
Tautan memberi situs Anda kredibilitas, karena mereka bertindak sebagai indikator pihak ketiga untuk kekuatan otoritatif domain Anda. Google bertujuan untuk memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna. Untuk melakukan ini, faktor dalam 'otoritas'. Semakin tinggi jumlah kualitas tautan yang diarahkan ke situs Anda, semakin tinggi faktor kredibilitas Anda.
Google bekerja atas dasar bahwa penerbit yang baik akan menautkan ke konten Anda karena itu akan meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Bertujuan untuk hanya membangun tautan dari situs otoritatif – lima tautan bagus selalu melebihi 50 tautan buruk.
Anda juga harus memikirkan jumlah domain yang Anda tautkan kembali – lebih baik mendapatkan 10 tautan dari 10 domain otoritatif yang berbeda daripada 10 hanya dari satu.
2. Google menggunakan tautan untuk menentukan peringkat situs Anda
Tanpa pembuatan tautan, Anda tidak memperhitungkan lebih dari setengah pertimbangan peringkat Google. Tautan sangat penting bagi Google – bahkan hampir tidak mungkin bagi Google untuk menentukan peringkat situs Anda jika Anda tidak memiliki tautan ke sana, tidak peduli seberapa bagus konten di halaman web Anda. Untuk peringkat lebih tinggi dari pesaing Anda, Anda memerlukan lebih banyak tautan balik daripada yang mereka miliki.
3. Tautan balik akan memberi Anda peningkatan lalu lintas web
Pembuatan tautan adalah salah satu cara terbaik untuk menarik audiens yang relevan dari situs otoritas industri. Dengan menargetkan audiens dan ceruk yang relevan, Anda akan meningkatkan lalu lintas dari sumber eksternal – dan lalu lintas web merupakan indikator yang baik untuk kesehatan situs web Anda.
Baca Juga: 6 Strategi White Hat Link Building yang Bisa Membuat Anda Terperangah
4. Pembuatan tautan mengarah ke metrik situs dan skor SEO yang lebih tinggi
Jika Anda ahli SEO, Anda akan memahami istilah-istilah seperti Otoritas Domain (DA), Peringkat Domain (DR), Peringkat Halaman (PR), Peringkat Alexa, dan sebagainya. Dengan membangun backlink, Anda akan meningkatkan metrik ini dan situs web Anda akan mendapat manfaat, dari segi kesehatan. Ini juga akan membantu visibilitas dan eksposur.
5. Peluang pendapatan yang lebih besar dan lebih banyak penjualan
Lebih banyak lalu lintas dan metrik yang lebih baik berarti lebih banyak peluang untuk menghasilkan pendapatan. Situs Anda akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian, mengarahkan lebih banyak calon pelanggan kepada Anda. Ini berarti Anda akan dapat menjual lebih banyak produk dan layanan – serta menghasilkan pendapatan baru.
6. Peningkatan hubungan dalam niche Anda
Dengan melakukan seperti yang direkomendasikan Google dan berfokus pada membangun tautan dalam ceruk industri Anda, Anda tidak hanya akan membuat tautan yang relevan – tetapi juga menjadi terhubung lebih dekat dengan pemain otoritas di sektor Anda. Hal ini juga dapat membuka peluang untuk jalur kolaborasi lainnya.
7. Membantu untuk menonjol sebagai suara otoritas
Secara alami, Anda ingin merek Anda berada di garis depan industri Anda dan pembangunan tautan yang berkelanjutan dapat membantu Anda melakukan ini. Sebagai pemimpin merek, Anda akan mengalami penjualan dan pendapatan yang lebih baik karena orang akan melihat Anda sebagai sosok yang tepercaya. Sebagai suara otoritas Anda akan menjadi perusahaan yang mendominasi percakapan di bidang Anda.
8. Sumber lalu lintas rujukan yang berkelanjutan
Setelah Anda membuat tautan permanen di situs otoritas, Anda akan mendapatkan lalu lintas reguler dari tautan itu ke depannya. Bandingkan ini dengan model periklanan dan pemasaran tradisional – setelah iklan berjalan, Anda tidak lagi mendapatkan lalu lintas. Dengan membangun backlink berkualitas tinggi, Anda memastikan situs web Anda melihat lalu lintas dari sumber eksternal untuk jangka panjang.
9. Peningkatan visibilitas dan eksposur
Selain menggunakan pembuatan tautan untuk meningkatkan peringkat pencarian , ini dapat mendukung pembuatan prospek yang kredibel. Misalnya, jika Anda ingin menjangkau audiens di bangunan tautan lokasi geografis baru akan membantu Anda melakukannya dengan meningkatkan kesadaran di lokasi tersebut. Ini dapat memberikan dampak positif yang besar pada bisnis Anda, dan membantu dengan cepat menetapkan Anda sebagai merek tepercaya.
10. Tingkat bouncing yang lebih rendah
Google mendefinisikan 'rasio pentalan' sebagai "Jumlah sesi halaman tunggal". Dengan kata lain, jumlah orang yang mengunjungi satu halaman situs Anda kemudian pergi tanpa melihat-lihat sisa situs Anda.
Saat Anda membangun tautan, jangan hanya memikirkan tautan masuk tetapi juga tautan internal – campuran ini membuat tautan balik Anda terlihat lebih organik. Tautan internal tidak hanya memudahkan Google untuk menavigasi situs Anda, tetapi juga memudahkan pengguna untuk menavigasi konten Anda. Dengan mempermudah pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan, Anda akan membuat orang-orang tetap berada di situs Anda lebih lama dan mengurangi rasio pentalan.
Kesimpulan
Kami harap postingan ini memberi Anda inspirasi untuk memulai atau meningkatkan strategi back linking Anda.
Pada catatan terakhir, jika Anda ingin mencapai kesuksesan nyata dalam hal membangun tautan, jangan mengambil rute membeli tautan. Anda bahkan tidak akan tahu apakah tautan yang Anda beli akan berfungsi – dan ada kemungkinan tautan tersebut bahkan dapat merugikan Anda dalam jangka panjang.
Alih-alih, sementara itu akan memakan lebih banyak waktu Anda, bertujuan untuk mendapatkan referensi dari situs web otoritas tinggi. Tingkatkan pemasaran konten Anda (dan pastikan itu berkualitas tinggi) dan integrasikan strategi pembuatan tautan Anda di semua saluran Anda yang lain.
BACA JUGA: 7 Strategi Pembuatan Tautan yang Tidak Biasa untuk Meningkatkan SERP Anda
